Peran Inovasi Akan Perkuat UU Iptek

Hai Sobat Padi Reload, gimana nih kabarnya hari ini ? Alhamdulillah ya kalau sehat semuanya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai “Peran inovasi akan perkuat UU Iptek”. Cekidot informasinya ya Sob…

Solo (ANTARA News) – Peran dan kegiatan inovasi masuk dalam Revisi Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sinas P3 Iptek) guna mengarahkan proses penelitian yg berada di hulu pada penerapan praktis hingga menjadi produk atau proses produksi di hilir.

“Bukan dibuat UU Inovasi tetapi UU 18 Tahun 2002 yg diperbaiki, dan di dalamnya dimasukkan inovasi. Sekarang revisi undang-undangnya telah masuk Prolegnas,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir usai launching Klinik SPMI di Solo, Selasa.

Sebelumnya ia menyampaikan bahwa akibat kebijakan riset di masa dahulu yg tak sinkron pada pasar kadang kali riset tersebut terhenti, atau riset yg telah dikerjakan diulang-ulang kembali sehingga tak mampu menjadi inovasi.

Ketua Dewan Riset Nasional (DRN) Bambang Setiadi menyampaikan meskipun dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kelihatan pembangunan fasilitas, sarana, penelitian dan hasil penelitian bertambah namun dalam suatu pengukuran yg dikerjakan tiga atau empat tahun dulu memamerkan bahwa kontribusi Total Faktor Produksi (TFP) merupakan kualitas infrastruktur, sumber daya manusia, dan tata kelola terhadap pertumbuhan ekonomi nasional cuma sekitar 0,9 persen hingga sesuatu persen.

Karena inovasi dan teknologi yaitu komponen TFP, maka ia menyampaikan membahas mengenai pentingnya inovasi sebagai faktor dan tantangan yg paling nyata ketika ini. “Kami percaya hampir dipastikan tak ada inovasi tanpa riset”.

Bambang ketika penyerahan Agenda Riset Nasional 2015-2019 kepada Menristekdikti menyampaikan sudah mengajukan berbagai pemikiran sebagai masukan buat rencana pembahasan dan revisi UU 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tersebut.

Fokus utama pemikiran yg disampaikan adalah terkait hasil diskusi tim Ad Hoc DRN tentang pentingnya memasukkan inovasi dalam revisi UU.

Perbaikan UU tersebut, ia menyampaikan harus jelas dan tegas memposisikan peran dan kegiatan inovasi, dengan harapan dapat mengarahkan kegiatan difusi yg dimulai dari lahirnya ide dan atau pemikiran yg dilanjutkan melalui selektifitas penelitian, pengembangan, dan atau perekayasaan yg bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan dan teknologi yg baru.

Atau, lanjutnya, menjadi cara baru buat menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yg baru, atau cara baru bagi menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yg sudah ada ke dalam produk atau proses produksi.

Tim Ad hoc menganggap bahwa “roh” UU Sinas P3 Iptek sebelumnya tak kuat sebagai penghela gerakan iptek nasional dalam pacuan sengit dengan pembangunan iptek internasional. Salah sesuatu kelemahannya, UU tersebut tak sepenuhnya memenuhi watak utama suatu UU merupakan cuma “by order” atau kemampuan buat mengatur.

UU tersebut, lanjutnya, cuma menjelaskan peran suatu sistem tapi tak mengaitkan dengan jelas antara riset dan kebutuhan publik. Karena itu, masukan buat memperkuat akselerasi sistem inovasi nasional sampai ke komersialisasi dan memperkuat koordinasi dengan mengubah DRN menjadi Dewan Riset dan Inovasi Nasional yg melaksanakan pengembangan kebijakan, strategi, dan perencanaan bagi riset, inovasi.

Selain itu, ia menyampaikan berperan serta merekomendasikan alokasi pembiayaan buat segala rantai inovasi yg mencakup riset dasar maupun riset dan pengembangan.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com

Gimana sob artikelnya tentang Peran inovasi akan perkuat UU Iptek, Semoga bermanfaat untuk seluruh Sobat Padi Reload di seluruh Indonesia ya…. Have a Nice Day

Tags: Info Techno

Related Post "Peran Inovasi Akan Perkuat UU Iptek"

Mengapa Menara BTS Di Jakarta Jadi Mirip Pohon?
Hai Sobat Padi Reload, gimana nih kabarnya
Samsung Ganti Baru Semua Galaxy Note 7 Di Pasaran
Hai Sobat Padi Reload, gimana nih kabarnya
Samsung Resmi “Recall” Galaxy Note 7
Hai Sobat Padi Reload, gimana nih kabarnya
Resmi, Sony Rilis Duo Xperia X Dengan Kamera 23 Megapiksel
Hai Sobat Padi Reload, gimana nih kabarnya